PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA



1.       Arab Saudi
Kerajaan arab Saudi diploklamirkan  secara resmi oleh Abdul Aziz bin Abdurrahman As-Saud tahun 1932. Wilayah meliputi 80% Jazirah Arab dan terbagi  menjadi empat wilayah geografis utama yaitu Al-Hasa, Asir, Hijaz dan Nejd. Islam digunakan sebagai dasar penyelenggaraan pemerintahan Negara. Peran arab Saudi di dalam dunia islam diantaranya:
1.       Merupakan tempat lahirnya Islam
2.       Merupakan pusat pengetahuan islam
3.       Merupakan tempat lahirnya konstitusi Negara Islam untuk pertama kalinya yang disebut Piagam Madinah
4.       Tempat lahirnya Muhammad bin Abdul Wahab, seorang tokoh pembaharu Islam
5.       Banyak membantu dunia islam dalam bidang perekonomian. Perekonomian  Arab Saudi terutama ditopang oleh eksplorasi minyak bumi. Berkat kekayaan dari minyak bumi tersebut . Arab Saudi mampu membantu pembiayaan oganisasi islam seperti Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Islamic Center di seluruh dunia
2.       IRAK
a.       Islam masuk Irak melalui proses penaklukan dalam tiga tahapan sebagai berikut:
1.       Tahap pertama terjadi pada masa Kholifah Abu Bakar ash-shiddiq di bawah pimpinan Musanna bin Harisah dan Kholid bin Walid
2.       Tahap kedua terjadi pada masa Kholifah Umar bin Khottob di bawah pimpinan Musanna bin Harisah, Abu Ubaidah bin Umar Ash-shiddiq,  Jarir bin Abdullah, Sa’ad bin Abi Waqas
3.       Tahap ketiga juga terjadi pada masa Kholifah Umar bin Khottob, pada masa ini pasukan dipimpin oleh Iyad bin Ganam berhasil membebaskan beberapa kota Irak dari tangan Romawi
b.      Negara Irak menggunakan system republic dan dipimpin oleh seorang presiden. Penduduk Irak terdiri dari Kaum Sunni, Kaum Syi’ah, suku Khurdi, minoritas Yazidi, Kristen dan Turkmen. Pada masa bani Abbasiyah, kota Baghdad menjadi ibu kota Negara dan menjadi kota yang terkemuka di dunia.
c.       Irak mengandalkan minyak bumi sebagai penopang utama perekonomian negaranya . cadangan, minyak Irak merupakan terbesar kedua setelah Arab Saudi. Oleh karena itu Negara-negara barat saling berebut pengaruh dan kekuasaan atas Irak sampai saat ini.
3.  IRAN
Islam masuk Iran mulai tahun637 ketika invasi Arab mengganti agama Zoroaster dengan agama Islam. Masuknya islam membuat perkembangan Islam dan kebudayaan di Iran semakin pesat. Iran memberikan andil yang besar terhadap perkembangan sastra, seni arsitektur, filsafat, matematika, astronomi dan ilmu-ilmu Islam, tokoh besar lahir di Iran diantaranya Al-Biruni, Umar Khayyam, Abu Bakar Al-Juaini, Ibnu Sina, dan Al-ghazali, Bukhori Muslim dan Abu Hanifah. Perekonomian Iran ditopang oleh minyak dan gas alam. Penduduknya  tahun 2001=64.650.000 dan 95% Penganut Syi’ah, sisanya penganut Sunni.
4. INDIA
Sebelum meraih kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947 wilayah India meliputi wilayah-wilayah yang sekarang ini kita kenal sebagi India, Pakistan dan Bangladesh saat ini. Islam masuk India terjadi dalam tiga gelombang yang terpisah, orang Arab masuk India pada abad ke-8 , orang Turki awal abad ke-12 dan orang Afganistan abad ke-16.
Perjalanan sejarah Islam di India terbagi menjadi empat tahap
Tahap pertama masa sebelum kerajaan Mugal (705-1526)
 tahap kedua masa kerajaan Mugal (1526-1828)
tahap ketiga masa kekuasaan Inggris (1858-1947)
tahap keempat masa India modern sampai sekarang.
Pada masa kerajaan Mugal  bangsa India berhasil membangun berbagai masjid , madrasah dan perpustakaan. Sekolah mengajarkan logika, filsafat, geometri, geografi, sejarah, politik, dan ilmu agama seperti tafsir, hadist, fiqih. Bangsa India juga memangun Agra yang merupakan salah satu keajaiban dunia.
Penduduk terbesar kedua di dunia setelah Cina  data 2001 jumlah penduduk 1.033.390.000, sekitar 83% beragama Hindu, 12% beragama Islam dan ini merupakan jumlah penganut Islam terbesar di dunia dan sisanya begama Kristen Katolij, Protestan, Budha, Sikh dan Yahudi.
5.  PAKISTAN
Sejarah Negara Pakistan dimulai pada  14 Agustus 1947. Hal itu terjadi karena adanya pemisahan dengan India. Pakistan satu-satunya Negara yang didirikan atas nama Islam. Munculnya Negara Pakistan berawal dari gerakan Aligarh yang dipimpin oleh Sayyid Ahmad Khan 1906. Berdiri liga Muslim Se-India. Melalui organisasi ini, Muhammad Labal pada tahun 1930 Liga Muslim Se-India memutuskan bahwa tujuan perjuangan mereka adalah terbentuknya Negara tersendiri bagi umat Islam. Akhirnya pada 14 Agustus 1947, Inggris menyerahkan kekuasaan kepada dewan Konstitusi Pakistan.
Budaya keilmuan di Pakistan telah melahirkan sejumlah ilmuan muslim berkaliber internasional seperti Muhammad Iqbal, Abu A’la Al-Maududi, Dr, Abdus Salam (pemenang Nobel Fisika tahun 1979) dan fazlurrahman ( guru besar ilmu agama islam Universitas Chicago Amerika Serikat)
Universitas di Pakistan : Universitas Fisalabad, Government College Lahore, dan Universitas Punjab Lahore. Berdasarkan data penduduk tahun 2001, Pakistan berpenduduk 141.450.000 jiwa, 97% beragama islam dan diantaranya 10-15% adalah penganut Syi’ah dan sisanya non muslim, Kristen, Hindu dan Parsi. Bangsa Pakistan terdiri dari 5 kelompok etnis utama, yaitu Punjabi, Sindhi, Pathan, Baluch dan Muhajir.
6. AFGANISTAN
Islam masuk Afganistan sejak zaman Kholifah Usman Bin Affan (644-656) pada th, 647 M pasukan islam mengadakan peluasan ke Kurasan dipimpin oleh Sa’ad bin Abi Ash. Di sebelah tenggara Iran dan berbatasan dengan bekas Unisoviet di bagian timur.
Salah seorang putra Afganistan yang terkenal di seluruh dunia adalah Jamaludin Al Afgahani. Ia lahir di Hamadan tahun 1838 ahli teolog, hokum, tashawuf, falsafat Islam, sosiologi dan dikenal sebagai peletak dasar modernisasi Islam. Sejak usia 17 tahun, ia menjelajahi berbagai Negara : India, Mesir, Inggis, Persia, Rusia dan Turki. Ia ingin menggerakkan kebangkitan Islam. Muridnya ialah Muhammad Abduh Al Afghani meninggal di Istambul 9 Maret 1897. Monument Masjid Kwaja Pasa oleh Sultan –Mahmud Al Gazni abad 10 dan Masjid birusebagai masjid yang besar dan indah
7.  RUSIA
Islam masuk Rusia sejak Kholifah Usman bin Afan (644-656 M) kekuasaan islam sebenarnya telah memasuki Asia Tengah ketika  pemerintahan Kholifah Mu’aiyah bin Sofyan (660-680 M)  dari dinasti Bani Umayyah usaha perluasan daerah dilanjutkan terus. pada masa Kholifah Al Walid bin Malik (705-715 M) juga dari dinasti bani Umayyah sudah menguasai Asia Tengah dan sekitarnya seperti daerah Kazakistan. Uzbekistan, Kirgistan, Tadzhikistan , Turmenia, dan Armenia daerah ini masuk wilayah Uni Soviet bagian selatan Mongolia dan Siberia selatan. Juga Asia Tengah yang termasuk wilayah RRC yaitu daerah  Tibet dan Singkiang. Dari daerah ini Islam berkembang terus di Rusia.
Islam di Rusia mengalami kemunduran sejak kaum bolsyewik berkuasa dipimpin oleh Lenin. Banyak tempat ibadah masjid-masjid diruntuhkan, ditutup dan bahkan dijadikan kandang binatang. Menurut anggapan mereka kaum agama adalah termasuk kaum borjuis ( para pemilik modal, pegawai, tuan tanah, dan golongan ekonomi menengah keatas ) yang harus dihancurkan. Lawannya adalah kaum Proletar yaitu golongan rakyat jelata yang hidupnya hanya menjual tenaga. Istilah ini diciptakan oleh Karl Marx  yang dikenal dengan ideologinya  Maxisme yang  dianut oleh partai partai Komunis.
Umat Islam di Uni Soviet tahun 1983  antara 40 juta orang dari penduduk 257 juta orang, kebanyakan tinggal di Provinsi bagian selatan. Di Moskow umat Islam diperkirakan 100 ribu orang masjid sepi dikunjungi ramainya kalau hanya hari raya Idul Fitri saja. Agama tidak boleh dibawa-bawa dalam urusan pemerintah maupun masyarakat. Agama adalah urusan Individu untuk melaksanakan haji harus diurus sendiri dengan biaya mahal.
8. RRC
Islam masuk RRC menurut catatan resmi dari dinasti Tang(618-905 M) dan masuknya Islam di Tiongkok terjadi pada tahun ke-2 dari pemerintahan Kaisar Yong Hui, sekitar tahun 30H/651M di datangi delegasi yang pertama yang dikirim oleh Kholifah Usman Bin Affan juga sebagian riwayat  baha pada saat nabi berdakwah di  Mekkah mendapat tekanan yang berat dari kaum Quraisy maka sahabat diperintah untuk hijrah ke Etiopia, dan berangkatlah rombongan sebanyak 11 orang dipimpin oleh Ja’far bin Abu Tholib, salah satu diantarannya adalah Sa’ad bin Lubaid al Habsyi,  dia tidak cocok di sini lalu mengikuti armada para pedagang dari Arab, Persi  dan Teluk Aden menuju Cina dan tiba di Bandar Kanton dan menjumpai orang-orang senegerinya yang belum masuk islam dan mulai berdakwah menyebarkan agama Islam sejak dari tahun 9 H sampai 14 H di daerah Chuan Chow  dan Chang  Chow dan ditemani oleh Yusuf berdakwah di Kanton. Terbukti adanya masjid dengan menara  cemerlang dan masjid dengan tanduk satu, merupakan masjid tertua di Cina. Pada masa Daulah Bani Umayyah (661-750M) dibuka hubunngan diplomatik secara resmi antara pemerintah isalam dengan dinasti Tong (618-905 M). pada tahun 1908 Al Imam Wan Kuon telah membangun perguruan tinggi yang modern untuk mendalami kebudayaan Tiongkok dan mendalami Al-Qur’an. Pihak muslim di Cina sudah diakui  sebagai salah satu diantara lima suku bangsa di Cina  yaitu suku Hui.
Bendera nasional melambangkan suku bangsa yang ada di Cina. Merah untuk Han, kuning untuk Manchu, biru untuk Mongol. Putih untuk turunan muslim dan hitam untuk Tibet. Konstitusi nasional menjamin kebebasan agama islam diakui secara resmi hingga member hak kepada wakil-wakil muslim untuk duduk di majelis nasional Cina. Buku-buku tentang Islam sudah banyak diterbitkan diantaranya Tafsir Al-Qur’an dan kamus Arab Tiongkok diterbitkan tahun 1950.
9. SINGAPURA
Singapura merdeka sejak tanggal 9 Agustus 1965. Sebelumnya Singapura merupakan bagian dari kerajaan Malaya. Penduduknya 80% Cina yang lain bangsa Melayu, Yahusi, Pakistan, Arab, Benggali dan Eropa agama yang dipeluknya, Budha, Tao, Islam, Hindu dan Kristen. Jumlah penduduk yang beragama Islam rangking tiga sekitar 20% dari penduduk. Kegiatan islam di Singapura sudah ada wadahnya seperti Mahkamah islam yang disebut dengan Mahkamah Syari’ah Singapura.
Mengurusi zakat, wakaf, nikah, perceraian , harta warisan dan lain lain jaga ada organisasi PERDAUS (persatuan  pelajar-pelajar agama dewasa) juga MENDAKI yang didirikan tahun 1981 tujuannya meningkatkan status social ekonomi masyarakat Muslim Singapura ada sekita 3.000 anggota pelajar.
10. THAILAN
Thailan merupakan Negara yang berbentuk kerajaan konstitusional dengan ibukotanya Bangkok. Agama penduduk ini adalah Budhisme, Islam dan Kristen. Penduduk yang beragama islam 10%. Thailan terdiri 73 Provinsi dan umat Islam tinggal di wilayah selatan yaitu Pattani, Yala, Marathiwat, dan satu diempat provinsi ini umat islam sekitar 80% daerah ini daerah subur dan banyak tambang. Umat islam disini kebanyakan keturunan Melayu. Pemerintah Thailan yang Budhisme sejak dulu hingga sekarang kurang memperhatikan nasib umat islam bahkan dituduh sebagai separatis hingga pemerintah Thailan selalu memburunya. Pendidikanya sangat terbelakang hanya diberi kesempatan sampai SLTA selanjutnya kalau ingin melanjutkan pelajaran agama harus ke luar negeri.
Hampir dua abad masarakat Pattani benar-benar terlantar, oleh sebab itu mereka ingin menentukan nasib mereka sendiri namun pemerintah Thailan selalu menghalanginya. Pendidikan agama diselenggarakan di pondok-pondok  ada yang sudah modern seperti Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Ada 26 Majelis Ulama Islam majelis ini bertugas mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan umat islam.
11. FILIPINA
Republik Filipina ibu kotanya Manila. Penduduknya beragama Kristen ( Katolik Roma) dan islam, bahasa resmi Tagalok clan Inggris. Islam masuk Filipina sejak tahun 1360 melalui Malaysia dan Indonesia. Pada abad 15 telah terdapat beberapa Kesultanan seperti Mindanao, Basilan, Sulu dan Pahlawan. Kesultanan tersebut merupakan satu kesatuan seperti wilayah  Negara Filipina sekarang. Pada tahun 1565 Spanyol menjajah Filipina orang Islam disamakan dengan orang orang islam di Spanyol yaitu Moro oleh orang orang Katolik. Selain menjajah, orang-orang Islam di Spanyol juga menyebarkan agama Katolik, terjadilah perang yang hebat antara Spanyol dan Moro Luzon dapat dikuasai dan Spanyol ingin menghabiskan orang Islam tetapi muslim di selatan cukup kuat, sampai akhir kekuasaan Spanyol tahun 1898 tidak berhasil menguasai Minandao. Pada tahun 1891 Filipina dijajah Amerika Serikat dan memaksa orang-orang islam Filipina selatan untuk membuka tanah mereka untuk kepentingan orang-orang Katolik. Mereka menolah dan berjuang mempertahankan tanah mereka. Setelah Filipina merdeka, pemerintah Filipina meneruskan perjuangan Spanyol yaitu ining menghapus Islam dan menjadikan 100% Katolik. Orang islam dianggap sebagai warga Negara kelas dua dan diperlakukan diskriminatif dalam segala bidang, pendidikan diperbodoh. Mendirikan sekolah sampai perguruan tinggi di wilayah selatan itu diprioritaskan untuk orang-orang Katolik, anak islam dipersulit dengan bermacam macam alasan. Di Filipina ada Pasukan Ilaga yang dibentuk oleh orang-orang Katolik, pasukan ini secara terus menerus menteror umat islam. Membunuhnya, merusak masjid, rumah, rumah dan harta benda umat islam. Masyarakat ingin melepaskan diri tetapi pemerintah tetap tidak melepaskannya.
12. MALAYSIA
Malaysia dengan ibu kota Kuala Lumpur, bahasa resmi Malaysia adalah bahasa Melayu penduduk sebaigian besar suku Melayu (53%) Cina (35%) India dan Pakistan (10%) agama mereka Islam, Budhisme, Kong Hucu dan Animisme. Islam sebagai agama resmi Negara namun konstitusi menjamin agama lain dapat diamalkan dengan aman dan damai, semua orang Melayu beragama isalm, orang Melayu mendapat perlakuan istimewa. Dalam dakwah Malaysia pernah minta bantuan dengan pemerintah Indonesia. Di Malaysia sama seperti itu Indonesia setiap departemen dan kantor pemerintah diadakan salat jum’at, sudah ada Bank Islam untuk menyangga perekonomian umat Islam golongan mayoritas di Malaysia.
13. BRUNEI DARUSSALAM
Brunei Darussalam dengan ibukotanya Bandar Sri Begawan. Luas wilayah 5.765 km berpenduduk 20.000 jiwa sensus 1984 terdiri 60% orang Melayu dan 23% Cina. Agama resmi adalah islam, bahasa resmi adalah Melayu, bekas jajahan Inggris sampai dengan merdeka tanggal 13 Desember 1983, Negara paling kaya di dunia. Produksi minyaknya mencapai lebih dari 60 barel dan gas alamnya 5 juta ton per tahun. Kegiatan keagamaan seperti di Indonesia ada Menteri Agama. Dalam rangka dakwah Isalmiyah Brunei mendatangkan mubaligh dari Indonesia. Banyak mahasiswa Brunei tugas belajar keluar negeri seperti IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca juga : 
Perkembangan Islam di Asia
Perkembangan Islam di Afrika
Perkembangan Islam di Eropa
Perkembangan Islam di Amerika dan Australia

No comments:

Post a Comment